Kamis, 18 Februari 2016

Bandeng Pesmol

 

Bahan :

  • Ikan Bandeng, potong sesuai selera
  • Bawang Merah, 5 siung
  • Bawang Putih, 5 siung
  • Kemiri, 8 butir
  • Cabe Merah Keriting, 2 bh
  • Kunyit, 2 bh (kunyitnya saya bakar dulu sebentar)
  • Daun Salam
  • Sereh, dikeprek
  • Air, 1 gelas
  • Sedikit Air Asem
  • Garam
  • Micin bila suka
Cara membuat :

  • Goreng ikan bandeng yang telah dipotong-potong, sisihkan
  • Blender / ulek bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah dan kunyit
  • Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu yang telah diblender
  • Masukkan daun salam dan sereh, aduk sampai wangi.
  • Tambahkan air 1 gelas, garam, micin, dan sedikit air asam, tunggu sampai mendidih
  • Masukkan ikan bandeng yang telah digoreng, masak sampai kuahnya tinggal sedikit

Saat masak boleh juga di tambahkan cabe rawit (tidak usah dipotong-potong). Cuma karena mima juga ikut makan, makanya saya gak pake rawit lagi.

Dulu waktu pertama masak pake kunyit, saya pake kunyitnya banyak, saya pikir bakal tambah sedap. Ternyata oh ternyata masakan saya malah jadi pahit. Sekarang mah udah tobat, kalo pake kunyit dikit aja hehehe.. Ada yang pernah masak kebanyakan kunyit kaya saya?

6 komentar:

  1. Ceee ini aku denger ada masakan bandeng pasmol? Hahaa kenapa namanya bgitu ya? :D

    Kebetulan aku lg pengen blajar masak, boleh dicoba nih..
    oya ce, cci dapet air asemnya dari mana? ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hebat euy masih kecil udah mau belajar masak..

      gw juga gak tau namanya beneran ikan pesmol atau bukan, nyokap gw selalu nyebutnya begitu soalnya :D

      asem jawa yol, dikasih air, bejek2, ambil airnya

      Hapus
  2. duh baru kemaren makan ini, tapi mama mertua yang masak...enak euy...hihi aku sendiri ga tau cara masaknya, thanks for sharing yaa cii..

    BalasHapus
  3. Aku sukanya pindang bandeng, kalau pesmol lebih suka ikan yg lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindang bandeng laki gw gak demen ci, paling suka kuahnya aja, kalo yg pake2 bumbu gini dia baru bisa makan.

      Hapus