Jumat, 08 Januari 2016

Bandeng Ceng Cuan


Sebagai keluarga pecinta ikan, mama saya sering banget masak ikan. Tapi pilihan ikannya terbatas karena papa saya cuma suka 2 jenis ikan, yaitu ikan bandeng dan ikan kembung. Jadi biar gak bosen, masaknya saja yang dibikin macam-macam sama mama saya. Kadang digoreng, kadang di pepes, kadang dipindang, kadang dicengcuan, kadang di pesmol. Nah ikan bandeng cengcuan ini salah satu makanan favorit saya. Sebagai orang benteng, gak lengkap rasanya kalo saya gak bisa masak ikan cengcuan. Eh bener gak sih ikan cengcuan khasnya dari benteng? *garuk-garuk kepala*

Bahan :
  • Ikan Bandeng, potong sesuai selera
  • Tauco
  • Bawang Merah, diiris tipis
  • Jahe, diris tipis
  • Cabai merah, dirisi tipis (saya gak pake cabe)
  • Kecap
  • air
  • Garam
  • Micin 
Cara membuat :
  • Goreng ikan sebentar (kalau suami saya sukanya yang garing), sisihkan
  • Panaskan minyak goreng, masukkan bawang, jahe dan cabe
  • Masukkan tauco, kecap,garam, micin dan tambahkan air, didihkan
  • Masukkan ikan yang telah di goreng, masak sampai kuahnya berkurang setengahnya


Saya suka ikan, sedangkan suami saya gak suka karena amis katanya, tapi kalau dimasak ceng cuan gini, si suami bisa makan lahap. Kata si suami sih kalau di cengcuan gini gak berasa amisnya.

Oh yaa kalau mama saya masak ikan cengcuan ini kuahnya dikit, sedangkan saya suka agak banyak karena suami maunya gitu hehehe..

3 komentar:

  1. Gue gak terlalu suka ikan dimasak cengcuan gini sih teng, kalau bandeng lebih suka dipindang kecap, duh mantappp *sambil ngebayangin lalu elap iler*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dipindang juga enak tat, tapinya suami n mertua kurang doyan.
      udah lama nih ga makan pindang bandeng *lalu ileran*

      Hapus
  2. Oalah sama2 orang benteng rupa nya.... Cengcuan bandeng emang mantab sih 😂

    BalasHapus