Senin, 25 Januari 2016

Ibu Seperti Apa?

Sumber : Facebook @Dono Baswardono

Jadi ibu yang baik jadi salah satu cita-cita saya. Saya pengen anak saya bisa nyaman dan bangga sama saya dan saya juga pengen anak saya bisa bahagia dan bisa menikmati masa kecilnya.

Apakah cita-cita secetek itu dan sesimpel itu gampang diwujudkan? Tentu tidak. Sabarnya mesti tinggi, ekspektasinya yang justru jangan tinggi-tinggi amat.

Contohnya hari ini, hari ini mima bangun pagi banget dan saya mesti masak tapi harus belanja sayur dulu karena kemarin abang tukang sayurnya gak jualan (biasanya mertua yang belanja sayur, jadi pagi-pagi saya bisa hemat waktu). Saya tahu ini bakal ribet, tapi saya tetep ajak mima belanja. Ditukang sayur mima udah ngambek karena mau main sama temennya. Saya masih sabar, bujuk-bujukin dan kasih pengertian kenapa dia gak boleh main pagi-pagi.

Setelah sampai rumah, mima langsung minta makan. Untungnya masih ada sedikit sayur bakut (Berat amat ya sarapannya nasi-bakut? kami orang endonesa, yang baru kenyang kalau makan nasi hhehhhe ), akhirnya mima makan sendiri, sedangkan saya masak cepet-cepet karena pasti mima bakal "bantuin saya masak". Bener aja. Selesai makan mima langsung lari ke dapur. Lagi ribet, waktu mepet, ditambah "dibantuin mima". Lengkap sudah hahahhaha..

Pengen marah kasian, niatnya kan baik mau bantuin saya masak tanpa dia tahu sebenernya saya malah tambah ribet hehhehhhe.. Tapi saya tau "niat mulianya" mima, akhirnya boleh deh bantuin mami. Saya gak pengen mima ngerasa kalo dia cuma ngeribetin, saya pengen mima merasa kalo dia pun bisa diandalkan. Saya seneng liat ekspresi bangga dia setelah bisa bantuin maminya.

Si mima nih kan seneng lari-larian. Kalo jalan sama mertua saya pasti mima dilarang lari-larian karena mertua saya takut mima jatuh. Kalo sama saya gimana? saya malah nyuruh mima buat lari. Saya gak pengen mima jadi anak penakut yang belum lari saja udah takut duluan, padahal mima kan belum tentu jatuh kalo lari. Saya cuma bilang, lari boleh tapi hati-hati. Jatuh pasti pernah tapi saya gak masalah mima jatuh dan nangis, yang penting gak bahaya. Kalo cuma luka kecil mah gak apa-apa. Toh dari situ si mima bisa belajar untuk lebih hati-hati. Untungnya si suami saya juga gak marah kalau mima jatuh, paling langsung ngobatin lukanya aja.

Mima juga seneng jalan dipinggir got, minta dipegangin buat jalan di pinggir got. Sebenernya saya udah mikir duluan, kalo jatuh ribet kan ya mesti nyuci-nyuci baju kotornya. Tapi lagi-lagi saya ijinin soalnya anaknya suka dan saya udah bilangin, kalau jatuh sakit dan bisa kotor jatuh ke got jadi dia bisa belajar lebih hati-hati.

Lain lagi masalah mima makan sendiri. Saya lebih suka mima belajar makan sendiri. Lebih repot sih memang, berantakan. Setelah makan pun mima harus naruh piring dan gelas yang telah dia pakai. Saya gak mau mima jadi anak yang terima beres, yang apa-apa diurusin. Saya pengen mima melakukan apa yang bisa dia lakukan.

Masalah tidur pun saya gak pernah nakut-nakutin mima ada setan atau apa jadi mesti tidur. Saya cuma kasih pengertian kalau sudah malam ya harus tidur, besok kita bisa main lagi. Dan saya janji besok kita main sekolah mingguan lagi (ini seringnya saya dan teman bonekanya jadi anak sekolah minggu dan mima jadi guru sekolah minggunya), biarlah ya mima belajar jadi pemimpin.

Saya juga bukan ibu yang gak penah marah-marah sama mima. Bukan, saya bukan malaikat. Tapi saya sadar kalau saya marah-marah mima juga gak ngerti saya marah-marah kenapa, jadi saya lebih suka kasih pengertian kenapa saya gak suka kalo mima begini, saya seneng kalo mimanya begitu. Saya cuma inget, kalau saya gak mau menyesal kaya kemarin-kemarin. Mima juga tipe anak yang gak bisa dikerasin, dia lebih bisa ngerti kalau dikasih pengertian dan penjelasan. Saya pun mesti sadar kalau mima cuma anak umur 3th.

Saya ingat betul dulu pas sekolah, saya gak boleh pacaran sama papa saya. Gak dijelasin alasannya. Pokoknya mereka cuma bilang kalau saya gak boleh pacaran, nanti kalau sudah kuliah saya baru boleh pacaran. Titik. Saya waktu itu pengen tau alasannya, saya merasa saya perlu tahu alasannya. Pas SMK saya malah pacaran diam-diam *bandel ya saya*. Lalu putus. Pas putus ini papa saya ada cerita alasan kenapa papa saya gak bolehin saya pacaran. Saya ngerti. Pas si mantan ngajak balikan pun, saya gak mau.

Memang gak bisa disamain kondisi saya yang ABG sama mima yang masih 3th. Tapi saya cuma inget satu hal, saya gak suka cuma dilarang tanpa dikasih tahu alasannya.

Gak lupa saya dan suami pun suka kasih mima pujian dan semangat kalau mima tuh bisa, mima kan anak baik, mima kan cantik, mima kan pinter, mima kan anak yang dengar-dengaran. Ya, saya pengen mima jadi anak yang percaya diri. Soalnya dulu waktu SD saya suka nyanyi tuh, tapi pernah saya nyanyi diwaktu yang gak tepat, mungkin mama saya lagi senewen. Saya langsung dimarahin, "ini lagi anak, nyanyi melulu, kaya suaranya bagus aja". Saya diem aja, tapi sebenarnya hati saya sedih banget. Sampai sekarang saya merasa saya orangnya kurang percaya diri. Saya gak mau mima jadi kaya saya.

Satu lagi, dulu waktu saya kecil, suka nonton film yang kalau tidur anaknya dicium dulu dan diucapin selamat malam dan bilang sayang. Dulu saya udah berjanji dalam hati, kalau saya punya anak saya mau begitu. Saya mau mima tahu kalau saya sayang sama mima, dan rasa sayang perlu ditunjukin kan? Hal kecil dan sederhana tapi sangat berarti buat saya.

Kalau saya salah pun saya masih minta maaf sama mima, karena menjadi orang tua bukan berarti gak pernah salah. Saya juga mau mima minta maaf kalo dia salah.

Orang tua saya tetap jadi orang tua terbaik buat saya. Ada hal-hal yang saya mau tapi saya gak dapat dari orang tua saya, dan salahnya saya pun gak berani ngomong sama mereka. Makanya saya sekarang saya suka memposisikan diri saya sebagai mima, apa kira-kira maunya, senangnya, nyamannya.

Saya sadar saya bukan orang tua sempurna, tapi saya mau jadi orang tua yang terus berusaha, terus belajar biar anak saya nyaman dan percaya sama saya. Perjalanan saya masih panjang. Mari kumpulkan semangat..

O iya saya nulis kaya gini bukan mau sok-sokan atau apalah, saya cuma pengen suatu saat kalau saya merasa cape, lupa atau apalah, saya bisa baca postingan saya sendiri dan kembali semangat.

16 komentar:

  1. Setujuuuuhhh mami mima... jd mama yg terbaik itu susyah tp cuma bs berusaha utk jd lbh baik. G jg pernah skli lg cape lg senewen byk pikiran eh will bikin mslh n rewel jdnya dy yg g marah2in akhrnya nyesel donk g.. huhuhu.. hbs itu g minta maap sm anknya krn g mau menerapkan klo g slh walaupun g ortunya g akan ttp minta maaf biar dy jg klo salah ga malu utk minta maaf. Sjak saat itu g bertekad jgn sampe ank kena pelampiasan krn g ny yg lg cape, senewen atau bad mood krn sedih skli tiap inget pernah marah2in will gt.. hehe.. paling skg klo dy susah diblgin g cm blg "ayo will jgn bla.. bla.. kan mama blg bla.. bla.. klo ga dgr nanti mama marah loh, emang will mau mama marah " kdg didengerin kdg gak tp g jg ga pernah marahin jdnya.. wkwkwkwkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbe, sering kali tanpa sadar si anak jadi pelampiasan stressnya ortu *tunjuk diri sendiri* untung gw udah tobat wakakakkaa..

      si mima tuh kalo rewel seringnya cuma pengen cari-cari perhatian aja mbe. Will suka gtu gak sih?

      Hapus
    2. Iya sama ga suka di cuekin.. klo g nonton atau ngobrol sama papanya dah tuh uda deh ada aja yg dicari2 biar fokus nya ke dy.

      Hapus
  2. Nice Ester.. Semangat terus ya :)

    BalasHapus
  3. ah, jadi diingatkan. akuh juga pengen kaya yang ditulis ci esther. :) semoga kita sama2 bisa menjadi yang terbaik buat anak kita yah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kita berusaha pii.. semangat

      kita seumuran pi, panggil ester aja hhehhhe..

      Hapus
    2. hihihi.. jadi malu *serasa paling muda* lol.

      Hapus
  4. Smoga mnjdi mama yg the best ya buat mima :)
    salam kenal kak. Hehehe

    yolandangelina28.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai salam kenal juga, yolanda.
      makasih ya udah mampir-mampir :)

      Hapus
  5. iya ci, si mima juga bantuin masaknya pake tanda kutip, alias bantuin masak versi mima wakakakkaka.. bantuinnya paling ulek-ulek bawang yg sebenernya udah aku ulek, kocok telor, nambahin bumbu, gtu2 doank ci..
    mima juga gak tiap hari makan sendiri, seringnya disuapin mertua aku ci, hari biasa kan aku kerja ci n mertua gak suka berantakan.
    twin nafsu makannya lebih bagus ya ci?

    BalasHapus
  6. Bacanya adem (kayak sambil dikipasin hihihi)... Gue setuju teng, semua kembali lagi pada kita mau jadi Ibu yang seperti apa untuk anak-anak kita. Impian seorang anak pasti mendambakan Ibu yang penuh kasih dan pengertian, gak suka marah dan selalu kasih uang jajan lebih *loh mulai oot*
    Tapi kadang dalam menjalani keseharian sebagai seorang Ibu, pasti diuji kesabarannya, keikhlasannya, juga kedewasaannya bahkan sama anak-anak, disaat seperti itu kayaknya memori anak2 merekam sikap Ibu mereka.

    Eh maap kepanjangan komennya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget van, diuji banget wakakakkakaka.. tapi tetep harus berusaha dan semangat, karena waktu gak bisa diulang, pasti bakal kangen masa2 si bocah kecil dan gw gak mau nyesel kenapa dulu gw begitu begini. btw, mima aja bentar lagi udah mau 3th, gak kerasa

      Hapus
    2. gapapa ci komennya panjang2, gratis kok wakakakkakaka

      Hapus
  7. Benerr banget semua yg ditulis.. Dan iya, dari sejak hamil sekarang pun sudah latihan ut jadi ortu sesuai cita2 waktu kecil.. Yaitu ngomong yg baik2.. Makanya deklarasi macam L itu disayang, diharapkan dan dicintai setiap hari gw dan suami ucapkan. Maunya latihan biar kalau dia lahir nanti ini mulut sudah terbiasa ngucapin yg baik2. Dan iya mau biasain ngomong sayang. Soale kebawa kek skrg mo ngomong sayang atau mo peluk ortu tuh berasa kikuk krn ga biasa. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa gw juga malu mao ngucapin sayang ke ortu, kikuk aja gitu. mao peluk2 juga kikuk.
      lancar yaa py sampai persalinan, sehat2 terus yaa baby L.
      makasih yaa py udah mampir2 ke sini :)
      entah kenapa saya kalo mao komen di blog km selalu gak bisa, sama blog nya olivia.

      Hapus