Rabu, 09 Desember 2015

Baso Tahu Ala Mama Mima

 Bahan:
  • Tahu putih besar potong menjadi 8 bagian / sesuai dengan selera

Bahan Isian:
  • Daging giling (Boleh daging ayam atau b*bi)
  • Bawang putih di goreng sebentar, lalu di keprek dan dicincang
  • Telor Ayam
  • Sagu (Optional, saya pakai karena kalau terlalu daging mima kurang suka)
  • Garam
  • Kaldu Jamur Totole (semacam micin)
  • Lada Bubuk
  • Daun Bawang (diiris tipis)
  • Minyak Ikan
  • Minyak Wijen

Bahan Kuah :
  • Bawang Putih
  • Bawang Merah
  • Lada Bubuk
  • Garam
  • Kaldu Jamur Totole (semacam micin)
  • Daun Bawang diiris besar
  • Wortel
 Cara Membuat:
  • Goreng tahu putih sampai agak kecoklatan. Sisihkan.
  • Campur semua bahan isian dalam 1 wadah. Aduk sampai tercampur rata. Setelah rata, banting-banting adonan kira-kira 12 kali bantingan agar adonan lebih kenyal
  • Ambil tahu yang telah di goreng, isi adonan ke dalam tahu sampai ke sisi luar tahu
  • Panaskan air hingga mendidih, rebus tahu yang telah di isi (Air sisa rebusan tahu saya buang)

Cara membuat kuah:
  • Goreng Bawang merah dan putih sebentar.
  • Ulek bawang merah dan putih, tambahkan garam, totole, lada
  • Panaskan air hingga mendidih. masukkan bumbu yang telah di ulek dan Wortel
  • Masukkan bakso tahu dan daun bawang
  • Tambahkan garam dan totole. Cicipi dan koreksi Rasa. 
  • Bakso Tahu siap dinikmati 

                                                                Bahan isian Tahu


                                                                  tahu siap direbus



                                                                 Bakso tahu siap dinikmati

Ini saya fotonya di 3 tempat berbeda (teras, ruang tamu dan dapur) makanya hasil fotonya ada yang gelap dan terang. Saya masak sebelum berangkat ke kantor, maka nya foto seadanya dan buru-buru hhahha..

Rasanya enak, semua orang di rumah suka. Patokan saya kalau masak yang penting semua orang rumah suka soalnya walaupun di rumah cuma ada 4 orang tapi selera kami beda-beda.  Selamat mencoba ^^

2 komentar:

  1. Semua tulisan lo jadi gue komentarin nih teng hehehe.. banyakin nulis resep ya, buat gue nanti trial hihi moga-moga pas gue coba errornya gak banyak (error orangnya maksudnya hihi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang malah van gw dikomentarin u. Iya selamat mencoba ya ci

      Hapus