Selasa, 29 Desember 2015

Ayam Goreng Kuning

Bahan :
  • Ayam kampung, 1 ekor
  • Bawang merah, 5 siung
  • Bawang putih, 3 siung
  • Kemiri 4 butir
  • Cabe merah, 1 bh
  • Kunyit, 2 bh (1 bh-nya yang kira-kira sebesar jempol tangan)
  • Daun Salam
  • Sereh, dikeprek
  • Air
  • Sedikit Air Asem
  • Garam
  • Micin bila suka
Cara memasak :
  • Potong-potong ayam sesuai selera, cuci bersih
  • Blender / ulek bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah dan kunyit 
  • Masak air sampai mendidih, masukkan bumbu yang telah di ulek, masukkan ayam
  • Masukkan daun salam, sereh, air asem, garam dan micin
  • Godok sampai ayam matang
  • Goreng/bakar ayam
  • Ayam goreng/bakar siap disajikan

Mama saya kalau masak ayam goreng kuning ini, airnya langsung banyak gak apa-apa soalnya kan ujung-ujungnya kalau sudah matang, airnya tinggal dikit. Kalau mertua, pakai sedikit aer dulu biar bumbu lebih meresap, baru nanti ditambah lagi airnya. Kalau saya sih pakai caranya mertua.

Setelah ayam goreng empuk, ayam bisa disajikan dalam bentuk di goreng atau di bakar, atau gak dua-duanya hihihi.. Kalau suami saya dan mertua sih langsung makan sama bumbu kuningnya, katanya enak bumbunya. Kalau saya dan mima tetap lebih suka digoreng dulu. Kalau dibakar juga enak, dulu kalau taon-baruan sama teman-teman SMA soalnya di-hip dulu juga ayamnya.

Untuk saya yang taon-baruan sepertinya gak kemana-mana, menu prakstis gini bisa jadi alternatif untuk saya bisa ngerasain liburan juga. Bebas masak, bisa agak santai tapi tetep makanan terjamin. Aku mah apa atuh, diajak liat sawah dibelakang rumah juga udah senang^^


Masih digodok, airnya masih "sedikit"

O iyaa walau udah telat saya tetap mau ngucapin:
"Selamat Natal 2015 dan Tahun Baru 2016"
Semoga kedamaian, sukacita dan kebahagiaan selalu menyertai kita semua.

6 komentar:

  1. Huaaa beberapa minggu yg lalu g jg bikin nih dpt resep dr katalog farmer.wkwkwkwk..dy bawang2nnya pake nya masing 10 siung.. byk bgt dah bumbu ulegny g sampe pegel ngulegnya..wkwkwkwk..tp emang enk sih ginian bs bikin bykn trs bs disimpen bwt bsk2.. hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. buset pegel amat yaa 10 siung nguleknya. betul mbe, tinggal angetin terus goreng hehhehhe

      Hapus
  2. Gue pernah coba di rumah cuma bedanya gue pake bumbu ayam goreng Royco *malas ngulek* tapi gue tambah irisan belimbing wuluh juga biar makin mantebbb. Kalau ayam bakar gue lebih suka dibumbu kecap teng daripada diungkep kuning gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohya teng pakai parutan lengkuas yang banyak juga enak teng jd kayak di resto gitu ^_^

      Hapus
    2. enak ya van bumbu rotco gtu? pake berapa sachet tuh? belimbing wuluh di sini gak ada yg jual van, di sini mah kaga lengkap.
      Boleh tuh yaa, nanti nyoba pake parutan lengkuas hehehhehe

      Hapus
    3. Kalau nyokap yang masak biasanya dia numbuk bumbu ayam goreng sendiri teng. Kalau gue? lebih pilih bumbu praktis hihihi enak kok teng, menurut gue sejauh ini paling enak ya si bumbu Royco itu. Belimbing wuluh gue ambil di pohon depan rumah teng, kebetulan tanam sendiri :) sori balesnya pakai anon, males log in.

      Hapus