Rabu, 23 Desember 2015

Tips Masak Anti Galau

Teman saya pernah cerita seperti ini, dulu waktu banjir tengah malem datang, dalam keadaan terdesak dia berdua cicinya bisa angkat kulkas ke tempat yang lebih tinggi. Padahal dalam keadaan normal, mereka gak kuat sama sekali. Cerita-cerita seperti ini sering banget saya dengar dari beberapa orang.

Kadang keadaan terdesak bisa maksa kita ngeluarin tenaga/kemampuan yang kita gak sangka-sangka sebelumnya.

Sebelum nikah saya sama sekali gak bisa masak. Dulu kalau bantu-masak pun paling cuma sebatas cuci sayur, potong-potong bawang dan cabe. Intensitasnya pun gak sering karena dulu saya kerja sambil kuliah *alibi*.

Nah bisa dibilang saya ini dalam keadaan terdesak. Saya tinggal bareng mertua, saya mulai ngerasa gak enak kalo mertua yang masak. Udah gitu kan mertua ikut bantu jaga mima. Saya takut mertua kecapean. Saat itu juga saya didera kebosanan akan rutinitas dan pekerjaan saya. Makanya saya mau belajar sesuatu yang baru untuk saya. Saya pikir gak ada salahnya lah belajar. Siapa tau nanti bisa berguna.

Jadi saat itu saya langsung bilang ke suami n mertua, "Urusan dapur biar saya yang handle aja, mau belajar" dan disambut sumringah sama mertua n suami.

Berbekal ke-sotoy-an saya, saya masak pertama kali masak kentang cabe dan oncom yang berujung keasinan semua hahahahhaha.. Untung punya suami baik banget, si suami masih mau mau ngabisin makanannya dan selalu menyemangati saya.

Dulu awal-awal masak saya ngerasa lama banget ya masak, repot dan cape. Mana saya kan harus kerja juga kan. Senewen rasanya hahahhahahha. Belum lagi kalau masakannya gagal sedih banget rasanya, udah cape-cape tapi gak kemakan, tapi lagi-lagi suami selalu menyemangati.

Sampai sekarang pun saya masih dalam tahap belajar masak. Tapi saya merasa levelnya udah naik sedikit, udah bisa pakai jurus kira-kira (kira-kira layak dimakanlah. LOL) + udah bisa ngatur waktu masak biar gak gitu lama ngabisin waktu.

Nah saya mau bagi-bagi tips masak anti galau ala mama mima :
  • Tentuin hari ini menunya apa (saya biasanya 1 sayur 2 lauk)
  • Misalnya menunya : Sayur sop, bakwan jagung dan pepes tahu.
  • Sambil cuci sayur dan siapin bumbu (saya biasa ngulek bumbu), kompor sudah kondisi menyala untuk merebus air mendidih
  • Ngulek bumbunya sekalian untuk sayur sop dan bakwan
  • Masak sayur sop sambil nyiapin bahan bakwan
  • Pas goreng bakwan, saya sambil siapin bahan pepes dan kompor sebelah sudah dinyalakan untuk manasin air untuk mengukus pepes
  • Sambil nunggu pepes matang saya cuci alat-alat masak
Intinya sih saya cuma ngatur waktu aja, biar waktu tunggu yang ada digunakan untuk nyiapin masakan lain, jadi gak ada waktu yang terbuang. Atau kalo gak mau repot, udahlah tahunya di goreng aja gak usah di pepes hehehehe..

Masalahnya kadang-kadang mima bangun pas saya lagi masak dan kekeuh mau bantuin mami masak, waktu masaknya jadi molor deh buat saya bujuk-bujukin mima atau ngebiarin mima "ngebantuin mami masak" hehehehe..

Post kali ini saya persembahkan untuk sahabat saya Alot. Udah nih ya lot? Semoga berguna tips abal-abalnya ^^

6 komentar:

  1. Nah ini nih tips kaya gini kadang perlu buat penyemangat hahaha... Skrg eteng masaknya udah jago ya teng. Intinya bisa manage waktu masak ya dan bisa rolling menu masakan biar yg makan gak bosen. Semangat chef ester!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jago mah kaga van, cuma udah mendingan aja daripada dulu wakakkakaka..

      Hapus
  2. Masalah yg terakhir itu masalah yg terberat..wkwkkwkwk.. sama g jg susah bgt klo lg masak digangguin bocah yg ujung2ny di ambil alih mama g.wkwkwkwk.. jd g uda masak bumbuin dan yg nunggu sampe mateng plus nyuci2 mama g dah. Wkwkwkwkk.. dy lbh mending beresin alat masak dan g ngurus anak g drpd ngadepin ank g yg rewel mau nempel ama g. Hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo mertua gw mah masih di kamar mbe. kalo pun ud keluar kamar, si mertua biasanya ajak mima jalan keluar, kalo anaknya gak mao ya uda pasrah ngikut masak dah si mima..
      film pororo juga membantu tuh mbe, biar mima anteng. setel di rtv

      Hapus
  3. Ajarin dong masak nya teng, bagi2 resep masakan nya.. jgn tips nya doang.. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh u jago masak gtu ling, kalah gw mah ling

      Hapus